SELAMAT DATANG DI KIREINA BLOG'S

12 September 2008

Awas Google Chrome Memata-matai Anda

Ada satu fitur yang sebenarnya cukup menarik dari internet browser Chrome yang dibuat oleh Google. Fitur menarik itu adalah auto-suggest. Saat pengguna Chrome menuliskan kata ke address bar, Google akan memberikan beberapa kemungkinan alamat.

Fitur yang bekerja seperti auto-complete ini sekilas memang menguntungkan, terutama jika pengguna tak terlalu yakin alamat yang akan dituju. Namun di sisi lain, fitur ini juga terkesan melewati batas privacy pengguna internet.

Menurut CNet hari Rabu (03/09/08), fitur ini bekerja dengan cara mirip keystroke logger. Saat pengguna menuliskan alamat pada address bar, Google akan mendata alamat ini meskipun pengguna belum menekan tombol enter.

Kabarnya, Google bahkan berencana mengumpulkan data tersebut berikut alamat IP (internet protocol) dari pengguna Chrome. Sejauh ini Google menyebutkan bahwa mereka hanya akan mengambil sekitar 2% dari semua data yang terkumpul.

Dengan cara ini, Google dengan mudah akan dapat meningkatkan kemampuan search engine-nya yang saat ini sudah mendominasi pasar search engine yang ada.Namun tentu saja bila pengguna merasa keberatan 'jejak' mereka diketahui Google, mereka dapat mematikan fitur yang secara default aktif setelah Chrome di-install ini.

Sumber : Kapanlagi.com Feat Kireina

5 komentar:

Diana Yusuf mengatakan...

wah....bahaya gak yah?

Anonim mengatakan...

G kok, paling list website yang sering kita buka bisa kerecord ma google. so kalo dilihat dari sudut pandang yang lain malah nantinya menguntungkan karena data tersebut akan digunkan sebagai base datanya Simbah Google.

Anonim mengatakan...

saran buat hacker, jangan gunakan google crome.. hehehe

Gun mengatakan...

jovie udah install..keren banget...
tapi masih lebih cinta ama s RUbah Api alias Firefork...

Anonim mengatakan...

Kan google punya GA, mangkana google pengen tahu kita tu senenge maen ke web/blog tentang apa, jadi ntar dikasih iklana kan yang sesuai dgn ketertarikan kita kale... So peluang belina jd lbh gede gitu