SELAMAT DATANG DI KIREINA BLOG'S

04 November 2008

Ost. Beck ! Mongolian Chop Squad

Cerita dari anime ini adalah cita-cita dan perjuangan sebuah band Indie Jepang dalam menembus records Indie Amrik. Disini akan banyak sekali ditemukan soundtrack-soundtrack rock yang keren, karena anime ini sendiri mengangkat tema sebuah band rock.

Cerita ini berkisah tentang Koyuki, seorang pelajar SMP yang mempunyai kehidupan biasa cenderung membosankan, tidak mempunyai hobi, tidak mempunyai teman disekolahnya bahkan dia menjadi bahan ejekan oleh teman-teman sekelasnya. Namun kehidupan biasanya suatu saat berubah saat dia bertemu dengan Ryuusuke, seorang pemuda menyebalkan, namun parahnya orang yang menyebalkan ini adalah seorang genius dalam bermusik yang nantinya mempengaruhi dan merubah kehidupan Koyuki "from zero to hero". Ryuusuke sendiri mempunyai band bernama Serial Mama yang memainkan musik alternative rock dan begitu terinspirasi oleh band Dying Breed (band indie Amerika, dan salah satu personelnya adalah Eddie Lee, teman Ryuusuke saat Ryuusuke masih tinggal di Amerika), Serial Mama saat itu tengah dalam keadaan pecah karena dua personelnya, Ryuusuke dan Eiji terlibat perbedaan pendapat dan kemudian Serial Mama bubar, Ryuusuke akhirnya berencana membentuk sebuah band dan berjanji bahwa dia akan bisa membuat band yang lebih bagus dari band Eiji yang baru.

Ryuusuke tertarik dengan seorang bass player dari band Bad luck, Taira-kun dan berniat mengajaknya bergabung, tapi sialnya Taira sudah lebih dulu mendapatkan tawaran dari Eiji untuk bergabung dengan Belle Ame (band baru Eiji), namun Taira lebih memilih tawaran Ryuusuke karena Taira melihat visi bermusik Ryuusuke lebih bagus. Koyuki mulai belajar gitar secara otodidak. Lewat pertemuan "aneh" antara Ryuusuke dan Chiba (seorang rapper yang mempunyai gaya enerjik), akhirnya setelah ribut dengan Ryuusuke Chiba pun memutuskan bergabung dengan band Ryuusuke, dan mereka menamakan band nya "beck". Beck formasi awal adalah Chiba (vokal), Ryuusuke (gitar), Taira (bass), dan Kenji (drummer dari Serial Mama), namun formasi ini tidak berjalan lama dikarenakan Kenji pingin fokus ke keluarganya, Kenji pun resmi keluar.

Posisi drum secara tidak sengaja diisi oleh Saku (teman baru Koyuki disekolah yang diajak oleh Koyuki untuk melihat Beck ngejam di studio musik, ternyata Saku bisa bermain drum dengan cukup baik) dan setelah beberapa kali ngejam, Saku pun resmi bergabung dengan Beck, begitu juga dengan Koyuki yang sudah mulai lancar bermain gitar walau masih sering melakukan kesalahan saat ngejam ^_^; . Dengan formasi terakhir Chiba (vokal), Ryuusuke (Lead gitar), Koyuki (vokal, rythem gitar), Taira (bass), dan Saku (drum), Beck segera merekam demo cd yang berisi 5 lagu yang berisi lagu : Slip out, face, Spice of life, Brainstorm, dan My world down, dan cd ini dijual saat Beck mengadakan gig di bar-bar lokal daerah sekitar mereka tinggal. Bagaimana kelanjutannya, apakah Beck mampu meraih impian tertinggi sebagai band, ataukah Beck pun harus mengalami "gugur sebelum berkembang" lebih baik kita saksikan anime berdurasi 24 episode ini.

Di sini kita tidak melulu disuguhi cerita tentang band, tapi juga menyinggung cerita hubungan pribadi tiap-tiap personel , dan tentunya dengan segala problem remaja. Dari segi gambar , anime ini cukup realistis, masih ingat dengan anime "Serial Experimental Lain" yah seperti itu realitas tarikan gambar dari pembuatnya, walau saya yakin pembuat anime ini bukan orang yang sama dengan pembuat anime "Serial Experimental lain". Dan nilai tambah dari anime ini adalah ada pada klimaks episode ini, setelah Beck mampu ngerilis indie album di Amerika, Beck pun terancam bubar, dikarenakan masalah internal antara Chiba dan Ryuusuke. Saya kira apa yang dilakukan oleh pembuat anime ini cukup tepat dalam membuat ending tidak selalu happy ending ehhh, Beck break apart and gone.

Anime ini dari cerita memang sangat menarik dan begitu Rock n roll. Benang merah dari anime ini "Love, underground, and Rock n roll".So pastikan kalian mengikuti anime ini dijamin tidak rugi. Oh iya setelah saya mencari referensi dibeberapa website, ternyata keberadaan band Dying Breed ini emang benar-benar ada di Amerika, dan soundtrack-soundtrack Dying Breed di anime ini emang asli lagu-lagu milik Dying Breed.


Berikut ini beberapa Ost. Beck ! Mongolian Chop Squad

Belle Ame - Ost. Beck ! Mongolian Chop Squad Melody (1 track)
Beck - (Ending) - Above The Clouds - Meister (2 track)
Beck - (Opening) - Hit In The Usa - Beat Crusaders (3 track)
Beck - Greatful Sound - Tribute To Beck (10 track)
Beck - Hit in the USA (3 track)
Beck - OST - Beck (21 track)
Beck - OST - Keith (12 track)
Beck - Unofficial OST (4 track)
Beck - Unofficial OST 2 (10 track)
[Nipponsei]_BECK_Original_Soundtrack_-...
> http://www.megaupload.com/?d=3GQPT8V5
[Nipponsei]_BECK_Original_Soundtrack_-...
> http://www.megaupload.com/?d=5Z1NPQHV
[Nipponsei]_BECK_ED_Single_-_above_the...
> http://www.megaupload.com/?d=P58RDNCB
[Nipponsei]_BECK_OP_Single_-_HIT_IN_TH...
> http://www.megaupload.com/?d=AGVIALLH


Beck ! Mongolian Chop Squad Website Links:

Official Website (Japanese)
Funimation's Official Beck (TV) Website
Anime News Network entry for Beck (manga)
Anime News Network entry for Beck (TV)
Wikipedia entry for Beck
Beck Fansite (manga and anime forum)
Beck Fan Wesbite (French and English)

Sumber : Venom69.multiply.com Feat Kireina

3 komentar:

Just Call Me : Teguh mengatakan...

Bukan pembuat animenya bikin nggak happy ending, cuma nggak mampu meneruskan sampai tamat seperti dalam komiknya.
Kalo versi komik sih masih panjang ceritanya....

Amink mengatakan...

untuk tulisan ini saya mau koreksi.. "Beck segera merekam demo cd yang berisi 5 lagu yang berisi lagu : Slip out, face, Spice of life, Brainstorm, dan My world down," kalo ga salah my world down itu kan lagu yang dibawain Dying Breed konser di episode 12?? bukan lagunya beck deh kayaknya...

Amink mengatakan...

dan episode anime Beck berakhir di no. 26 bukan 24. terimakasih.